Teknik Animasi Tweening 2D

A. Teknik Animasi Tweening 2D

 Pengertian tweening

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dan satu titik ke titik lainnya. Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat menghemat waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utamamengapa animasi motion tween sangat baik, yaitu karena mengurangi pekerjaan menggambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan.

Pada produksi animasi dua dimensi berbasis vektor, proses tweening didukung oleh fitur onion skin yang ada pada aplikasi animasi 2D. Onion skin berfungsi untuk melakukan teknik tweening dengan cara melihat gambar sebelumnya dan gambar selanjutnya agar gambar tweening yang dihasilkan akan lebih akurat sesuai dengan gerakan animasi.

Cara kerja tweening

Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan, yakni pada objek awal dan akhir selanjutnya Macromedia Flash membuat rangkaian gerakan di antaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi,bentuk, maupun warna. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group, dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).

Jenis-jenis  tweening

a.      Animasi shape tweening

Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk shape tween objek yang dianimasikan harus berjenis shape. Ukuran file yang dihasilkan dari shape tween lebih besar dibandingkan motion tween. Shape tweening biasa digunakan untuk membuat animasi perubahan bentuk. Sebagai contoh, di dalam frame awal terdapat objek bintang, kemudian di dalam frame akhir menjadi bulan sabit secara otomatis. Yang perlu diperhatikan, shape tweening hanya dapat diterapkan untuk menganimasi objek shape, tidak untuk melakukan shape tween untuk grup, simbol, atau teks. Untuk hasil yang baik biasanya digunakan satu shape. Jika Anda menggunakan banyak shape, maka semuanya harus dalam layer yang sama. Hal ini akan memudahkan jika ingin melakukan perubahan. Shape tweening juga memperbolehkan untuk mengubah warna.

a.      Animasi motion tweening

Motion tweening adalah jenis tweening yang utama dan paling mendasar. Fungsinya adalah menggerakan objek dari satu tempat ke tempat yang lain atau bisa juga untuk mengubah ukuran dari yang kecil menjadi besar, begitu pula sebaliknya, atau bisa juga objek yang kelihatan menjadi hilang dan sebaliknya.

Motion guide tweening

Animasi motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang dibuat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi.

a.      Masking

Mask merupakan fasilitas di Flash yang mampu membuat objek gambar ditampilkan sesuai dengan objek shape yang dikehendaki. Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehingga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi. Fungsi masking dalam animasi adalah untuk menutupi bagian-bagian objek yang ingin ditutupi dan yang menutupinya tidak akan terlihat.






Komentar