Alur Kerja Produksi Animasi 2D Berbasis Vektor


C. Alur Kerja Produksi Animasi 2D Berbasis Vektor

Dalam memproduksi karya animasi, dibutuhkan alur kerja yang terencana sehingga akan membantu proses produksi lebih sistematis dan terarah. Apa yang dimaksud dengan alur kerja pembuatan animasi 2D berbasis vektor? Alur kerja pembuatan animasi 2D berbasis vektor adalah langkah dan tahap yang harus ditempuh dimulai dari naskah, desain karakter, storyboard dan animatic, tracing desain karakter, puppet/rigging/bone, gambar kunci (pose), inbetweening, gambar latar (background),serta musik dan suara efek dalam membuat produksi animasi 2D berbasis vektor

1.     Naskah

Naskah atau skenario atau script adalah tulisan yang di dalamnya terdiri atas jalan cerita, deskripsi lokasi, adegan, dialog, suara, dan semua informasi yang diperlukan ilustrator dan animator dalam pembuatan film animasi.

Desain Karakter

Gambar. Desain Karakter

Desain karakter adalah pembuatan karakter yang berdasarkan naskah cerita, yang di dalamnya terdapat kepribadian karakter, gaya karakter, dan sosok karakter yang sesuai naskah cerita.

Storyboard dan Animatic

                                                  

                                                                  Gambar. Storyboard Animatic

Storyboard adalah visualisasi dari seluruh scene dan adegan yang ada pada naskah berikut dengan layout background, pose karakter, dan animatic.

Animatic

adalah draft film pada tahap awal projek yang berguna untuk membantu animator dan kompositor (editor) untuk mendapat timing dan menghindari kesalahan-kesalahan yang biasanya didapatkan pada tahap akhir produksi.

Tracing Desain Karakter

Gambar. Tracing desain karakter

Tracing adalah menggambar ulang secara digital menggunakan aplikasi animasi 2D untuk menentukan tampilan akhir dan gaya karakter seperti baju dan aksesoris dari karakter tersebut.

Puppetl Riggingl Bone


Gambar. Puppetl Riggingl Bone
Puppet/rigging/bone adalah pembuatan struktur tulang untuk melakukan perubahan bentuk, posisi, arah
pada berbagai bagian tubuh karakter agar karakter seolah-olah seperti puppet (wayang).

Kunci (Pose)
                                                        

Gambar Kunci (Pose)

Gambar kunci (pose) adalah pembuatan gambar gestur awal karakter dan gestur akhir karakter dalam membuat gerakan animasi.

 Inbetweening

                                                                    

Gambar. Inbetween

Inbetweening adalah pembuatan gambar gestur karakter di antara pose awal dan pose akhir untukmendapatkan ilusi gerakan yang lebih halus dan terlihat natural.

Gambar latar (background                        

Gambar latar (background)

Gambar latar (background) adalah pembuatan gambar background yang sesuai dengan naskah cerita dan adegan, agar para penonton bisa terbawa secara emosi pada saat melihat film animasi tersebut.

 Musik dan Efek Suara

Musik dan efek suara adalah penambahan suara untuk mendramatisasi, memperkuat cerita, serta mengendalikan emosi senang, sedih, takut, tertekan, dan lain-lain.

 











 


Komentar